Ayo, ke Jayapura City Hill

Bila ingin menikmati pemandangan indah Kota Jayapura, maka Bukit Jayapura City adalah tempatnya. Dari atas tempat ini, akan terlihat jelas dengan jelas teluk Jayapura yang eksotis, lekuk-lekuk dataran tinggi dan lembah Kota Jayapura, pusat kota yang ramai, pemukiman penduduk di lereng bukit APO, perkantoran, pusat bisnis Roku pasifik Permai, pelabuhan laut, pulau Kayu Polo dan hamparan lautan pacific. Letaknya yang di ketinggian, memberikan sebuah panorama Kota Jayapura di bawahnya yang mempesona. Dari bukit ini, merupakan salah satu Spot foto terbaik di Kota Jayapura.

Jayapura di waktu malam ( Mapio.net)

Bukit Jayapura City bukan destinasi wisata resmi, karena sebenarnya, tempat ini merupakan tempat berdirinya tower atau tiang pemancar dari beberapa stasion TV nasional.

Lokasi ini mudah diketahui, sebab dipuncak bukit terdapat tulisan “ Jayapura City berwarna merah, yang ketika malam, tulisan itu menyala karena dipasang lampu merah. Seakan menjadi ikon kota Jayapura, dari sudut manapun dapat terlihat.

Lokasi persisnya, berada di daerah Polimak. Perlu waktu sekitar dua puluh menit jika berkendara dengan mobil dari pusa kota Jayapura. Jalanannya yang menanjak dan berkelok khas perbukitan. Di sepanjang perjalanan, mobil akan melewati perumahan penduduk setempat dan tower tiang pemancar. Stasion TV memang sengaja memilih tempat ini untuk menancapkan towernya, karena bukit tersebut merupakan daerah tertinggi di Kota Jayapura. Oleh masyarakat umum yang lama di kota jayapura, menyebut daerah ini dengan sebutan Pemancar Polimak atau Bukit Jayapura City.

Jayapura City Hill

Apa yang bisa anda saksikan disana, sebuah pemandangan yang mempesona dan tak bisa terlupakan. Dari bukit ini, pengunjung dapat melihat keseluruhan Kota Jayapura. anda akan dibuat tekesima dan takjub dengan pemandangan yang sempurna dari atas bukit ini.

Karena bukan lokasi wisata resmi, tidak banyak fasilitas penunjang. Yang ada, sebuah pondok jualan kecil yang dikelola masyarakat sekitar. Meskipun kecil, cukup lumayan jika anda ingin memesan minuman es sirup, air kelapa muda,  teh atau kopi panas. Di pondok juga menyediakan makanan ringan, seperti kue-kue, mie rebus, juga buah-buah seperti papaya dan pinang.

Beberapa kursi kayu berdandar dan meja, bisa digunakan secara cuma-cuma. Ada juga semacam deck kayu yang disebut para-para sengaja dibuat di sela-sela tembok/tiang penyangga tulisan super Besar Jayapura City. Para-para kayu tersebut cukup untuk anda berfoto-foto ria. Anda perlu hati-hati, karena tidak ada pagar pengaman.

Kampung Kayu Pulo, View Point yang indah mempesona

Sebelahnya, tulisan Jayapura City, ada Salib Raksasa dengan tinggi kurang lebih 10 meter yang merupakan view point untuk pemandangan terbaik untuk berfoto ria yang strategis, Karena dari sini, tersaji pemandangan pusat Kota Jayapura nan indah. Dilokasi ini lebih aman, karena dibawahnya ada pagang kokoh.

Untuk dapatkan pemandangan lebih menakjubkan, datanglah pada sore menjelang malam. Pemandangan Kota Jayapura penuh lampu-lampu sangat Indah, bak hongkong di waktu malam. Kerlap-kerlip lampu kendaraan, rumah penduduk, gedung pertokoan, mall, kapal yang merapat di dermaga, dan hamparan perahu nelayan sungguh sangat eksotis dan elok dipandang.

Berwisata ke bukit Jayapura City, anda tidak perlu membayar mahal.  Hanya perlu memberikan ongkos parkir sekaligus uang kebersihan Rp 10.000 atau sukarela untuk  pengelola disana.

Jangan lewatkan pemandangan menakjubkan dan tidak terlupakan di Bukit Jayapura City. (admin VP)

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan