BATIK PAPUA, Khas dan Berkarakter Kuat

BATIK tidak selalu identik dengan Kota Jogja, Solo atau daerah-daerah di Pulau Jawa. Di Papua juga punya batik sendiri, bahkan batik Papua tidak kalah menarik dengan batik-batik dari daerah lain.

Apa yang menarik dari Batik Papua? Batik Papua dikenal dengan motif-motifnya yang unik, ragam dan coraknya yang mencerminkan alam dan budaya Papua yang khas. Dengan corak dan keunikan tersebut, Batik Papua punya karakter tersendiri yang membuatnya terlihat menarik dan indah, anggun dan elegan bagi mereka yang memakainya. Sudah beberapa presiden, seperti Megawati Soekarnoputri, SBY dan Jokowi kerap memakai Batik Papua.

Batik khas Papua dikenal dengan warna-warnanya yang cerah, merah, hijau, kuning dan orange,  tidak seperti kebanyakan batik yang dikenal mempunyai warna yang kalem dan cenderung gelap.

Motif batik Papua beraneka macam, umumnya diambil dan alam dan budaya Papua. Motif umum yang sering digunakan seperti panah, busur, burung cenderawasih, patung, tifa, rumah honai, ikan dan berbagai bentuk ukiran etnik Papua.

Motif Batik Papua di kain tidak seperti umumnya batik Solo atau Jogja yang simetris. Namun, Batik Papua tampilannya seringkali asimetris, dengan warna-warna cerah menjadikannya terlihat eksotis dan unik.

Seperti kain batik lainnya, harga tergantung bahan dan corak. Lebih halus bahannya, harganya sudah pasti lebih mahal. Harga paling mahal tentu Batik Papua dari bahan sutra, semetara bahan lainnya seperti satin, katun dan tissue ada dibawahnya. Bahan yang paling banyak digunakan untuk Batik Papua adalah bahan Katun.

Untuk harga, 1 meter kain batik Papua dijual rata-rata pada kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. ( tergantung jenis bahan yang digunakan).

Seperti halnya batik yang lain, saat ini Batik  Papua ada juga tersedia dalam versi batik tulis dan batik cetak. Meskipun tidak banyak diproduksi, danmasih terbatas, batik tulis mempunyai cita rasa nilai seni yang tinggi karena dikerjakan dengan cara tradisional. Di Papua, batik tulis yang cukup dikenal yakni batik tulis dari Sentani dan Batik Port Numbay ( Kota Jayapura).

Untuk batik cetak, karena masih sangat jarang ada rumah produksi batik di Papua, umumnya Batik Papua dicetak di Jogja atau Solo.

Dimana dapat dibeli Batik  Papua?

Hampir semua toko butik, di Papua, menjual Batik Papua. Di beberapa toko souvenir juga menjualnya. Batik Papua juga dapat anda beli di toko souvenir di bandara-bandara besar di Papua, seperti di Bandara Sentani- Jayapura , Bandara Moses Kilangin-Timika, Bandara Frans Kaisiepo-Biak dan Bandara lainnya.

Tidak lengkap berkunjung ke Papua jika tidak membeli oleh-oleh Kain Batik Papua. Jika tak ingin repot menjadihnya, sudah banyak pula kemeja, blouse, rok dari bahan Batik Papua.(ViP)

Foto: realbatik.com

Share:

Tinggalkan Balasan