FESTIVAL KAMORO

Waktu : Tentative, Beberapa Kali dalam Setahun

Suku Kamoro mendiami dataran rendah, rawa hingga pantai di Kabupaten Mimika, Papua. Suku ini dikenal dengan kebudayaannya yang unik. Tari-tarian dan ukir-ukiran kayu merupakan kekayaan seni dan budaya dari suku ini yang sudah dikenal luas hingga manca Negara.

Tiap tahun, digelar Festival Kamoro di  Mimika. Meskipun Festival ini tidak berskala besar seperti festival budaya lainnya di Papua, namun anda pencinta budaya dan seni, tidak bisa melewatkan begitu saja festival ini.

Waktu penyelenggaraan Festival tidak bisa dipastikan tiap tahunnya, bahkan dalam setahun Festival Kamoro bisa dilakukan beberapa kali karena skala festival yang cenderung lebih kecil.

Atraksi yang ditampilkan dalam Festival ini berupa tari-tarian dan seni ukir-ukiran.  Tarian kasuari merupakan atraksi utama. Pada tarian ini,  penari dengan kostum kasuari menari sendiri di barisan paling depan dan para pria yang mencat tubuh mereka berbintik-bintik dikepung penari lain yang membawa tombak. Sementara ukiran kayu Suku Kamoro berupa patung dan ornament lainnya, sudah sangat terkenal.

Selain tarian  dan ukiran, ada pula pertunjukan membuat sagu, membakar ikan dan pertunjukan makan ulat sagu dan cacing tambelo.**

Foto: zonadamai.com

Share:

Tinggalkan Balasan