FESTIVAL DANAU SENTANI ( FDS)

Tarian Isosolo yang ditampilkan di FDS

Waktu : Antara Minggu ke II – IV Juni

Festival Danau Sentani menjadi salah satu daya tarik wisata yang dalam beberapa tahun terakhir menyedot perhatian wisatawan di Indonesia dan turis asing. Festival ini  sudah menjadi agenda Pariwisata Nasional, setiap tahun FDS digelar antara minggu ke II-IV Juni.

Sejak FDS pertama, tempat pelaksanaannya dipusatkan di Pantai Khalkote, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura. Lokasi ini berada dipinggiran Danau Sentani.

Festival Danau Sentani menyuguhkan berbagai acara menarik, seperti pertunjukan budaya dan seni dari suku-suku yang ikut meramaikan acara ini. Sajian tari-tarian adat, tari kreasi baru, atraksi-aktraksi budaya dan lagu menjadi tontonan menarik yang dapat dinikmati. Atraksi paling menarik dan paling ditunggu adalah tari ISOSOLO. Suatu atraksi tari-tarian perang oleh sejumlah orang diatas perahu yang dihias.

Di acara ini juga pengunjung bisa melihat berbagai produk kerajinan asli suku-suku di Papua, seperti kerajinan dari kulit kayu, batik Papua, kerajina dari batu, berbagai pahatan dan ukiran cantik, hingga hasil bumi khas Papua seperti sagu, buah merah, kopi dan rotan.

Di Festival ini juga pengunjung bisa berkeliling danau dengan perahu yang disewa. Selain itu, berbagai kuliner khas Papua seperti papeda ikan saos, sagu bakar, dan lainnya dapat memanjakan lidah.***

foto : sentaninews.com

Share:

Tinggalkan Balasan