FESTIVAL BAHARI TELUK TANAH MERAH

Waktu pelaksanaan: Minggu ke 2-3 Oktober

Di Kabupaten Jayapura, selain ada Festival Danau Sentani ( FDS) yang sudah dikenal lebih dahulu, ada juga Festival Budaya yang tidak kalah menarik, yakni Festival Bahari Teluk Tanah Merah (FBTTM). Festival ini biasanya digelar di antara minggu ke 2 – 3 Oktober. Jika FDS digelar di Pantai Khalkote yang menawarkan keindahan Danau Sentani, maka FBTTM menawarkan keindahan pantai dan laut yang menawan, karena festival ini di gelar di pantau atau teluk tanah Merah di Distrik Depapre yang berhadapan langsung dengan Lautan Pasifik.

Menyaksikan FBTTM merupakan pengalaman yang unik. Disana, para pengunjung atau wisatawan akan disuguhkan pertunjukan budaya masyarakat Kabupaten Jayapura yang eksotis.

Selain menampilkan pertujukan budaya, di festival ini juga digelar berbagai lomba, seperti menyelam, lomba foto bawah laut, atraksi dayung tradisional, dan lomba lainnya. Pengujung pun dapat menikmati nikmat dan uniknya kuliner khas masyarakat kabupaten Jayapura, seperti pepeda bungkus, sate kerang, keladi tumbuk dan sajian kuliner lainnya.

Ciri khas kehidupan masyarakat pesisir di Teluk Tanah Merah akan mewarnai dan mendomonasi sajian atraksi yang ditampilkan dalam FBTTM.

Festival ini, sudah menjadi ikon pariwista kabupaten Jayapura ini sudah dilakukan sejak tahun 2008. Setiap tahun pelaksanaannya mengambil tema yang berbeda, tentunya tema yang disung ada kaitannya dengan pelestarian budaya, lingkungan dan alam.

Distrik Depapre, yang akan dijadikan pusat kegiatan FBTTM ini terletak disebelah barat Kabupaten Jayapura. Jika anda ingin menyaksikan festival ini, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Perjalanan menuju Depapre ditempuh kurang lebih 1 jam dari Sentani. Jika baru pertama kali kesana, anda sebaiknya menggunakan jasa mobil rental di Sentani atau Abepura yang para sopirnya umumnya sudah pernah ke Depapre, ini karena selain jarak yang lumayan jauh dan waktu tempuh yang lama, ada banyak beberapa jalan ke berbagai wilayah yang bisa membingungkan anda.

Untuk diektahui, di teluk tanah Merah, ada beberapa pantai yang indah, diantaranya Pantai Amai juga  Pantai Harlem. Pantai ini mempunyai pasir putih bersih dan airnya laut jernih dan bersih. Ada juga Pantai Tablanusu yang memiliki keunikan lain. Pantainya berupa hamparan batu koral hitam yang ketika diinjak akan mengeluarkan suara ketika dihempas ombak. ***

Foto: mobilsentani.blogspot.com

Share:
  • 3
    Shares

Tinggalkan Balasan