Danau Love – Menawarkan Keindahan Alami

DANAU Imfote di Sentani Timur merupakan Destinasi Wisata yang kini banyak dikunjungi warga Kota Jayapura, wisatawan atau pengunjung dari luar Jayapura. Danaunya biasa saja, tetapi bentuk danaunya yang menyerupai lambang hati yang bikin Danau Imfote begitu terkenal dan membuat penasaran. Yang istimewa, lambang hati itu bukan hasil buatan tangan manusia, tetapi terbentuk secara alamiah sejak lama. Itulah sebabnya,  danau yang dikelilingi perbukitan ini menjadi populer dengan sebutan Telaga Cinta atau Danau Love. Keunikan inilah daya Tarik utama dari tempat wisata alam ini.

Tentu saja, dari nama dan bentuknya, siapapun penasaran untuk kesana, menyaksikan langsung karya ciptaan Tuhan ini.

Telaga Cinta atau Danau Love, menawarkan keindahan alami.          foto: indahnusantara.com

Selain bentuk danaunya yang unik, alam di sekitarnya pun menawarkan pemandangan yang tidak kalah indahnya. Bukit-bukit ilalang subur menghijau yang dipagari kumpulan pohon dan hutan, sangat memanjakan mata yang memandang . Terlebih jika senja, panorama Sunset  dapat di nikmati dari atas bukit di atas danau ini.

Sesekali akan terlihat pesawat melintas di atas anda, sebab keberadaan danau ini persis di jalur landing pesawat ke Bandara Sentani.

Datang ke Danau Love, pastikan memori camera anda cukup, karena disini tak habis-habisnya keindahan danau dan perbukitannya dapat anda abadikan.  Anda dapat berfoto ria sesukanya. Tempat ini juga sangat cocok juga untuk foto Prewedding, sesuai dengan tema cinta seperti nama danau cantik ini.

Danau Love berada di sebelah Selatan Danau Sentani. Dari Bandara Sentani perjalanan bisa di tempuh sekitar 1 jam lebih, demikian juga dari arah Kota Jayapura kearah danau Love membutuhkan waktu satu jam.  Danau ini berada di Kampung Yokiwa, Distrik Embangfau, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Perjalanan menuju ke Danau Love bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalan masuk utama ke arah Danau Love  melalui Kelurahan Waena, persisnya melalui Kampung Yoka. Dari sini, mengikuti jalan berkelok-kelok menyusuri hutan dan bukit. Di sepanjang jalan,  hamparan padang rumput yang terlihat elok dipandang. Di sebelah kanan jalan, anda akan disuguhi pemandangan danau Sentani yang luas dan indah.

Bagi anda yang sama sekali belum pernah kesana, sebaiknya meminta bantuan kepada orang sudah pernah ke Danau tersebut agar tidak tersesat, karena selain jalannya yang berkelok-kelok, dan sinyal dari operator tidak stabil bisa menyulitkan anda berkomunikasi, tidak adanya petunjuk arah atau rambu menuju ke lokasi itu juga jadi kendala.

Hamparan ilalang hijau di perbukitan di sekitar Danau Love menambah keindahan tersendiri

Bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati keindahan Danau Love sebaiknya membawa bekal karena di sekitar lokasi belum ada warung atau kios. Warga setempat menjual air minum dan cemilan seadanya, di sekitar  lokasi danau ini.

Belum banyak pondok berteduh di sekitar Danau Love, sehingga disarankan anda tidak datang pada pagi atau siang hari.  Waktu yang tepat, datanglah pada siang menjelang sore hari. Anda bisa memulai pejalanan dari Kota Jayapura atau Kota Sentani pada jam 13.00 Wit, supaya ketika tiba disana,  sudah mendekati senja. Matahari tidak terlalu menyengat dan pengunjung pun dapat menikmati indahnya danau Love sambil menantikan Sunset.

Tiket masuk Rp 25.000 untuk roda dua dan Rp 50.000 untuk roda empat.

Sebelum sampai di Danau Love, anda akan melewati Kampung Yokiwa. Di kampung ini, melintas sungai Yokiwa. Anda bisa beristirahat sejenak disini. Ditepian sungai, dibangun jembatan, dan pondok-pondok. Jika ingin menceburkan diri ke sungai pun boleh. Air sungai dingin dan sejuk, juga tidak terlalu dalam. (admin ViP)


 

Share:
  • 10
    Shares

Tinggalkan Balasan