Pesawat CATALINA, Menyelam Menemui Sejarah

JIKA  anda menyukai wisata sejarah sambil menikmati alam bawah laut, Pulau Biak adalah pilihan yang tepat. Salah satu Spot Diving favorit yang menawarkan keindahan bawah laut, sekaligus melihat bekas-bekas peninggalan perang dunia II, adalah Spot Divin Pesawat CATALINA.

Spot ini terletak di arah Barat Distrik Biak Kota, tepatnya di depan BMJ Sorido. Pesawat ini berada di kedalaman 30 meter dengan panjang badan pesawat 20 meter.

Pesawat Catalina -Google/image

Dari sejarahnya, CATALINA adalah pesawat amphibi jenis Dakota buatan America yang diproduksi Consolidate Aircraf antara tahun 1930 -1940. Pesawat jenis ini dulunya menjadi salah satu pesawat serbaguna yang paling banyak digunakan sepanjang Perang Dunia II. Salaam Perang Dunia II tersebut, CATALINA digunakan dalam misi anti kapal selam, pengeboman patrol, penjagaan konvoi, pencarian dan penyelamatan serta pengangkutan cargo. Bangkai kapal ini sengaja dibiarkan karam di dasar laut.

Menyelam di pesawat karam ini mempunyai keunikan sendiri karena selain ditumbuhi karang yang subur serta dihuni berbagai jenis ikan, juga menjadi bukti sejarah napak tilas peninggalan sejarah Perang Dunia II di Biak  dan Papua.

Akses ke lokasi Diving Spot Catalina, bisa melalui beberapa dermaga di Biak, dari kampung Samau Sorido, kurang lebih 15 menit menggunakan perahu atau speedboad.  (admin VP)

Foto: Brosur Promosi-Dinas Pariwisata Biak Numfor

 

Share:

Tinggalkan Balasan